Kamis, 17 Maret 2011

Netnomics: 24 hours income!

Oleh: Olivia Kamal
Hobi kamu apa? Main game online. Dan itu tidak terdengar aneh bukan? Di saat menjamurnya game online sekarang ini, main game online adalah sebuah hobi yang dapat tersalurkan setiap saat, bahkan bisa 24 jam! Dapat dibayangkan betapa menggiurkannya bisnis menyediakan fasilitas bermain game online, game online center (atau seringkali disebut warnet atau net): 24 hours income!

Uniknya game online

Keberadaan game online di Indonesia sejak 10 tahun yang lalu ditandai dengan munculnya Nexia online pada tahun 2001 (googling saja "sejarah game online" banyak informasi serupa). Selama 10 tahun bercokol dengan berbagai variasi, telah menjadikan game online sebagai salah satu kebutuhan bagi penggemarnya.

Game online ada bermacam jenis (genre), menurut salah satu sumber yang dirujuk ada 8 jenis, yang terdiri dari: action, browser, music & dance (contoh: Audition Ayodance, Idol Street) , racing (contoh: Crazy Cart), role playing (contoh: Perfect World, Gokong Online), shooter (contoh: Point Blank), sports (contoh: Freestyle), dan strategy (contoh: Avalon). Developer game online (contoh: Lyto, Gemscool, Megaxus, Playdota) juga berlomba-lomba menghadirkan atribut baru bagi game (contoh: Audition Ayodance di 2011 telah memasuki season 4) ataupun menghadirkan jenis game online yang baru. 

Tentu saja untuk dapat bermain game online diperlukan koneksi internet. Dengan koneksi internet tersebut dapat memungkinkan pemain bermain dengan pemain lain yang juga terhubung dengan server yang sama. Ya, dengan demikian tidak akan pernah ada permainan yang sama, karena pemain juga berbeda-beda setiap waktunya. Yang menarik lagi sepertinya: tidak ada kata tamat sehingga sebuah avatar/karakter dapat dimainkan bertahun-tahun dan memperoleh level serta achievement yang membanggakan.

Baru-baru ini juga ada game online yang dimainkan menggunakan akun facebook, tetapi tentu saja berbeda dengan game online pada umumnya karena game tersebut tidak dimainkan bersama-sama tetapi dimainkan perorangan, tetapi memungkinkan untuk mengirimkan gift kepada teman sepermainan. Menurut pengamatan penulis di beberapa warnet setempat, game FB ini juga diminati para gamer dan menjadi selingan yang cukup menghibur saat jenuh bermain game online.

Permintaan Internet

Kenyataan bahwa internet bukan lagi barang langka di daerah perkotaan telah menjadikan tak aneh lagi untuk berinternetria dengan media komputer, netbook, laptop, smart phone ataupun handphone. Provider GSM dan CDMA menjadikan bundling modem beserta layanan internet. Kehadiran smart phone juga menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus dibawa ke manapun user berada. Belum lagi keberadaan warnet yang menjamur di sana sini.

Namun, akses terbaik game online hingga saat ini hanya dapat disediakan oleh warnet (yang sudah berubah menjadi game online center atau seringkali disebut "net"), dikarenakan net dapat menyediakan kebutuhan bandwith yang cukup besar untuk mengakses game online. Menggunakan smart phone jelas tak mungkin, menggunakan netbook, laptop, atau home PC masih memungkinkan meskipun sedikit mengecewakan karena sering terjadinya lag (ngadat). Baru-baru ini, sudah ada akses berlangganan internet dengan bandwith yang cukup besar yang memungkinkan memainkan game online dari rumah, namun bisa dikategorikan sebagai barang langka.

Kelebihan lain dari net adalah aksesnya yang murah dan fasilitas yang memadai. Dengan uang 500 dapat mengakses internet selama 10 menit (3000 per jam), sehingga penggemar game dari kalangan anak usia sekolah juga dapat menikmati akses game online. Bagi gamer dewasa, ada kepuasan sendiri bermain di net dengan fasilitas layar LCD, speaker bass, dan hembusan angin AC.

Terdengar sedikit gila bagi non-gamer, tapi mungkin bagi gamer adalah hal biasa untuk bermain berjam-jam, bahkan hampir 24 jam! Mereka makan di depan komputer dan hanya meluangkan sedikit waktu untuk tidur di depan layar komputer. Kenyataan pedih yang menunjukkan bahwa keberadaan game online telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi gamer, sehingga net dapat menjadi tambang emas 24 jam bagi pemiliknya!

Olivia Kamal

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

4 Komentar:

  1. hey, come on..
    who's writing this blog? rrr... let me guess: mas yoga ps (yang baru kenalan pas launching kemarin *sepertinya anda sudah lupa sama saya), mas awulawul, rrr dalam "anggota saya" juga ada nama "adisasmita". alvin adisasmita? atau ada yang lain? mau kenalaaann.

    saran : buatlah tulisan yang lebih ringan, jadi saya yang tidak pintar ini mampu mencintai ekonomi karena bisa membuat saya tertawa (seperti bebek mas yoga yang dihamili warga ♥)

    BalasHapus
  2. Buka yang ini mel..http://ekonomgila.blogspot.com/2011/01/ilmu-ekonomi-ilmu-kedokteran-dengan.html hihihihihi semoga bisa memotivasi kamu!

    BalasHapus
  3. info aja Bro
    game online bikin orang addict yah, anak2 kecil di kampung deket rumah saya, kalo lagi main gam e online kata2 yg kluar dari mulutnya kotor2...sedih dengernya
    dah gitu game online tokohny suka pakai baju yg sexy2 dan bergerak wow
    tapigame macam Travian g gitu si
    Ade saya main Travian bisa ngasilin uang Rp 6 juta
    hayooo tanya gimana..? :D

    BalasHapus
  4. kok bro sih... saia cewe T.T
    pasti nemu item langka dah, jual item? ato jual char?

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...