Senin, 12 Desember 2011

3 Permintaan Ekonom (Aladdin)

Oleh: Ahmad Munadi

Inilah kisah di negeri 1001 koruptor. Negeri ini bersebelahan dengan negeri 1001 malam. Dongeng yang diceritakan ke kanak-kanaknya hampir sama. Negeri 1001 malam mengenal sebuah cerita Aladdin, seorang pria miskin. Aladdin berprofesi sebagai pencuri pasar. Cita-citanya adalah ingin menikahi Jasmine seorang wanita cantik jelita putri kerajaan.

Sayang seribu satu sayang, Aladin adalah seorang ekonom masa lampau. Coba saja kalo Aladin menjadi ekonom sekarang, pasti dia akan gabung ke grup ekonomgila. Kenapa ke ekonom gila? Karena di ekonomgila  ada banyak ekonom yang bisa jelasin cinta dan asmara :D Tetapi Tuhan memang adil, Aladin dapat yang lebih sakti yaitu lampu ajaib. Lampu ajaib dapat mengabulkan 3 permintaan Aladdin.

Alkisah di negeri 1001 koruptor, Aladdin kurang lebih kondisinya sama seperti di Aladdin negeri 1001 malam. Ia miskin dan bercita-cita ingin menikahi putri kerajaan yang cantik dan jelita. Aladdin dulu ingin menikahi bu BeYe, tapi dia tau kalu Bu BeYe punya Pak BeYe maka ga jadi. Hatinya kemudian tertuju ke Aliya Rahasia tapi dia kalah duluan sama pria bernama Ibas-Ibas. Akhirnya sekarang dia jatuh cinta ke Syahrono.

Loncat cerita, Aladdin kemudian menemukan sebuah lampu. Lampu itu diusapnya sehingga muncul sesosok jin. Jin besar yang memiliki kekuatan dahsyat. Jin tersebut keluar karena rumahnya diusap oleh Aladdin. Jin tersebut baik hati sehingga ia menawarkan 3 permintaan kepada Aladdin. Ketiga permintaan Aladdin akan dikabulkannya.

Aladdin senang luar biasa. Ia ingat cerita 1001 malam ketika masa kanak-kanaknya. Maka Aladdin berkata “Jadikan saya orang paling kaya sedunia”. Aladdin berharap dengan menjadi orang paling kaya sedunia ia dapat menyilaukan mata Syahrono. Dia ingin Syahrono melihatnya dan berkata wah sesuatu banget ketemu kamu Aladdin.

Ternyata Jin tidak berbohong, karena Aladdin menjadi orang paling kaya sedunia. Hanya dalam 1 bulan ia menjadi orang paling kaya sedunia. Berkali-kali ia menang lotre, menang kuis berhadiah duit, dapet doorprize mersedes dari bank, dan lain sebagainya. Hanya dalam satu bulan ia berhasil menjadi orang paling kaya sedunia sesuai permintaannya.

Singkat cerita setahun kemudian Aladdin memanggil jin. Ia mengusap-usap lampu dan keluarlah jin. Jin keluar dan berkata “kamu punya 2 permintaan lagi”. Aladdin tidak menghiraukan perkataan jin, Aladdin hanya marah-marah. “Jin kamu memang mengabulkan permintaan saya, dalam sebulan saya menjadi orang paling kaya sedunia. Tapi sekarang saya bukan menjadi orang paling kaya lagi, sudah ada orang yang lebih kaya daripada saya! Kamu berbohong, Saya menuntut kamu sebelum harta saya semakin berkurang!”. Jin tidak menghiraukannya, dan berkata “Sekarang apa permintaan keduamu?”. Aladdin yang kesal kemudian berkata, “Saya ingin jadi terkenal sebagai orang paling berkuasa di negeri ini”

Sebulan setelah kejadian tersebut Aladdin benar menjadi orang paling berkuasa. Aladdin muncul di banyak koran dalam beragam bahasa, majalah anak-anak wanita dan pria. Mendadak semua media tertuju ke orang paling berkuasa di negeri ini. Jabatannya lebih tinggi dari Presiden dalam sebulan. Kekuasaannya membuat kagum banyak orang di negeri ini.

Setahun sejak permintaan keduanya, Aladdin kembali mengusap lampunya. Jin keluar dan berkata “Sekarang apa permintaan terakhirmu Aladdin?” Aladin mengacuhkannya dan berkata sambil marah-marah, “Sekarang sudah dua kali jin. Sudah dua kali kamu berbohong. Sebulan sejak permintaan kedua memang saia jadi berkuasa dan terkenal, tetapi kemudian orang-orang semua iri kepada saia. Orang-orang itu sedikit demi sedikit terkenal dan sedikit demi sedikit orang-orang lain mencoba mengambil kekuasaan saia. Kamu harus memperbaikinya sebelum kuasa saya hilang dan saia semakin tidak terkenal”. 

Jin tak menghiraukannya dan berkata “Apa permintaan terakhirmu?”. Aladin membalasnya, “Jin apa kau tak punya hati? Kau amat mencurigakan, kau pembohong. Kau Aneh. Kau punya kuasa yang besar tetapi kau mengabulkan permintaanku padahal aku yakin dengan kuasamu kau bisa berkehendak sesuka hati dan tak perlu mengabulkan permintaanku. Kau mencurigakan jin. Kau Aneh!”. Jin tetap tak menghiraukan dan mengulangi perkataannya “Apa permintaan terakhirmu?” . Aladdin pun berkata “Aku tidak akan menyatakan permintaan terakhirku sampai kau menjelaskan semuanya!”

Akhirnya jin memutuskan angkat bicara, “Aladdin hamba Tuhan yang baik. Aku diciptakan tanpa mengenal hawa nafsu. Aku diciptakan memiliki kekuatan yang besar tapi aku tak punya nafsu sehingga aku tidak serakus dirimu yang ingin memiliki harta ternbanyak. Aladdin, aku tak punya nafsu maka aku tidak pernah dengki terhadap orang lain seperti kamu yang khawatir kekuasaanmu hilang. Aladdin dunia ini tercipta seimbang, aku contohnya yang punya kekuatan tapi tak punya nafsu. Aladdin kamu punya kemauan, kamu punya nafsu, kamu ingin mendekati Syahrono tapi sejauh ini kamu tergoda oleh nafsumu yang lain. Aladdin, dalam 2 tahun ini sudah sejauh mana usahamu dalam mendekati Syahrono? Aladdin menurutmu nafsu itu baik atau buruk?”

“Aladdin hamba Tuhan yang baik. Perlu kamu ketahui bahwa dalam setiap harta yang kamu miliki ada bagian milik orang lain. Sama dengan dalam setiap jabatan yang kamu miliki ada tanggung jawab yang menghinggapi. Ketika kamu miliki harta atau jabatan yang besar dan tidak diimbangi dengan pemenuhan tanggung jawab maka akan ada yang hilang sesuai dengan hukum keseimbangan. Aladdin sudah dua tahun kamu melupakan tujuan akhirmu untuk Syahrono. Sejauh ini kamu meminta segala tentang dirimu bukan tentang dirinya, maka tak akan ada kemajuan bagimu dengannya. Aladdin aku hanya menjelaskan kamu bahwa apa yang kamu usahakan setara dengan apa yang kamu dapatkan. Sudah jelaskah sekarang penjelasanku.” 

“Sekarang apa permintaan terakhirmu?”

Manajemen Mas Joni

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...