Sabtu, 23 April 2011

Chefnomist

Oleh: Dyah Resty 
Sore-sore makan kue sambil minum teh hangat..ditemani musik dan buku.. Rasanya cozy banget. Iseng-iseng pikiran ini melayang.Ternyata ekonom itu mirip-mirip ya dengan chef?

Chef
Menentukan kebutuhan (ingin masak apa?) Mengecek kelengkapan bahan yang ada (apa cukup atau ada yang kurang untuk membuat masakan yang diinginkan?) Meracik berbagai bahan dan bumbu sesuai takaran sehingga menghasilkan masakan yang lezat di lidah dan bermanfaat juga bagi tubuh.

Ekonom
Menentukan kebutuhan perekonomian negara (Berapa persen pertumbuhan yang ingin dicapai? Berapa banyak pengangguran dan persoalan kemiskinan yang ditargetkan diatasi? Etc). Mengecek kelengkapan infrastruktur, suprastruktur, dan hal-hal lain yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Membuat kebijakan, peraturan-peraturan terkait sesuai kebutuhan, berdasarkan takaran, agar tujuan dapat tercapai.

Secara sederhana tampak ada persamaan antara chef dan ekonom. Tapi ternyata ada perbedaannya juga. Chef seminim apapun kemampuannya.. yang namanya chef sudah tentu ahli mengolah makanan menjadi masakan yang lezat. Masakannya disukai sebagian besar orang-orang. Entah orang itu lapar atau tidak.

Sedangkan ekonom..tidak semua kebijakan yang dihasilkannya benar-benar “lezat” dan bermanfaat untuk semua pihak. Tetap saja ada yang dirugikan dari sebuah kebijakan yang diterapkan,entah itu banyak ataupun sedikit. Coba lihat chef masa kini. Mereka sudah tampak seperti Farah Quinn. Memasak dengan kombinasi bahan tradisional dengan cara memasak yang praktis, modern, dan ala barat. Hasilnya adalah masakan yang tampak sederhana cara membuatnya, dan tetap lezat rasanya.

Sama juga kan seperti beberapa ekonom masa kini? Mengombinasikan permasalahan-permasalahan konvensional negara dominasi agraris dengan menggunakan teori-teori modern yang diterapkan di negara lain yang jauh lebih maju sebagai solusinya. Tapi bedanya, untuk yang ini, rasanya nggak selezat masakan ala chef Farah Quinn.

-*-

Dya Ry

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 Komentar:

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...