Senin, 04 Juli 2011

Kebahagiaan dan Skala Ekonomi dalam Hidup Kita

Apa yang dicari manusia dalam hidup? Kekayaan? Jabatan? Kebahagiaan? Tentu banyak yang menjawab kebahagiaan. Bahagia yang timbul darimana? Bahagia yang timbul dari kepemilikan harta yang banyak? Atau dari jabatan yang tinggi? Apa gunanya semua itu jika sama sekali tidak bermanfaat untuk orang lain? Puncak kebahagiaan tertinggi, konon yaitu saat kita bisa berbagi dengan orang lain. Berbagi sehingga orang-orang dapat tersenyum. Di tulisan kali ini saya akan menganalogikan kebahagiaan dengan skala ekonomi.

Seseorang dapat dikatakan berbahagia ketika apa yang ia bagikan tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, namun juga bermanfaat untuk pihak-pihak lain sehingga pihak-pihak lain tersebut juga merasa bahagia. Dalam skala ekonomi, kita dapat mengibaratkan hal ini seperti increase return to scale. Increase return to scale yaitu ketika skala input yang kita gunakan dapat menghasilkan skala output yang lebih besar (baca: dapat membuat kita bahagia dan orang lain juga bahagia).

Jika apa yang kita bagikan ternyata hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri secara sementara, dan dalam jangka panjang tidak ada perubahan signifikan terhadap perkembangan diri kita, maka ini bisa diibaratkan sebagai constant return to scale. Constant return to scale terjadi ketika skala input yang digunakan sama dengan skala ouput yang dihasilkan. Dalam hal ini bisa dikatakan balance.

Berbeda lagi halnya ketika apa yang kita bagikan (what we share to others), justru tidak memberikan kemanfaatan yang signifikan terhadap diri kita apalagi orang lain. Hal ini disebut decrease return to scale, yaitu ketika apa yang kita lakukan tidak membuat kita bahagia meskipun ada sedikit manfaatnya. Misal: kita nggak suka ekonomi tapi terpaksa masuk fakultas ekonomi. Ketika kita terus menerus menjalani keterpaksaan, kita nggak bahagia meskipun tetap ada secuil ilmu yang nyangkut di ingatan kita, tapi kita juga nggak berminat untuk share dengan yang lain karena ketidaksukaan kita terhadap bidang ekonomi.

Dalam hidup, increase return to scale, constant return to scale, dan decrease return to scale merupakan fase alamiah yang bisa dialami siapa saja. Kita bisa saja mengalami increase return to scale untuk suatu bidang / moment tertentu dalam kehidupan kita, namun constant ataupun decrease return to scale untuk bidang yang lain ataupun untuk suatu waktu yang lain. Kita hanya perlu menikmati dinamikanya!..

Semoga bermanfaat!.. ^_^

Makassar, 12 Juni 2011, 00.08 WITA

***

Dya Ry

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 Komentar:

  1. bagaimana cara meningkatkan decrease & constant return to scale menjadi increase return to scale dalam ilmu ekonomi? faktor apa/ apa yang harus diubah?

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...