Sabtu, 21 April 2012

Antara Laundry dan Prestasi


Oleh: Sandy Juli Maulana*

Source Pict.: thetruestsentenceyouknow.wordpress.com 
Pernahkah kita menyadari bahwa tiap jam dari 24 jam yang selalu kita gunakan dalam seminggu, entah untuk tidur, bersantai, belajar, dan hal lainnya memiliki nilai? Ya, semuanya punya biaya oportunitas. Biaya oportunitas banyak dipakai dalam analisis ekonomika (ilmu ekonomi).

Secara singkat, biaya oportunitas adalah suatu biaya yang mesti ditanggung akibat suatu pilihan menyebabkan pilihan lain dikorbankan. Misalnya, biaya oportunitas joging di pagi hari adalah membaca koran, karena kita mengorbankan waktu untuk membaca koran demi lari keliling komplek perumahan. Biaya oportunitas muncul karena dua pilihan tersebut bersifat saling menggantikan, bukan saling melengkapi. Semakin berharga suatu kesempatan maka kita menuntut manfaat yang lebih besar dari biaya yang telah kita korbankan. Biaya oportunitas dari suatu pilihan kegiatan sangat bergantung pada kegiatan apa yang bisa kita lakukan di waktu yang sama, sehingga mesti memperhitungkan manfaatnya.

Kapan Mesti Mencuci Baju?
Disadari atau tidak, kebiasaan mahasiswa untuk mencuci baju (manual, kucek) sendiri seperti lagu seorang pendendang dangdut tanah air memiliki biaya oprtunitas yang cukup tinggi. Bisa diestimasi, jika seorang mahasiswa mencuci baju di pagi hari, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk membaca koran (laki-laki untuk kolom sepak bola, perempuan untuk kolom iklan produk) atau kehilangan waktu untuk menikmati udara pagi yang segar dari hangatnya tempat tidur (bangun siang: red). Jika mencuci di siang hari, boleh jadi mahasiswa itu mencoba tidak kuliah atau kehilangan waktu untuk menikmati aktivitas siang yang melelahkan dari tempat tidur (tidur siang: red). Lain lagi jika mencuci di malam hari, maka ia akan kehilangan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas. Lebih jauh, bukankah di malam hari waktunya beristirahat? Lalu, kapan mencuci bajunya?

Bagi mahasiswa yang semi-aktif di organisasi, maka akhir pekan adalah waktu menyenangkan untuk menikmati suasana santai. Maka, salah satu alternatif untuk mencuci baju adalah di waktu akhir pekan. Namun, benarkah ini waktu yang tepat?

Jawaban beberapa orang, tentu tidak! Mengapa? Karena akhir pekan adalah waktu yang paling sedikit, 2 hari dalam 7 hari. Semakin sedikit suatu barang, boleh jadi harganya semakin tinggi. Jadi mengapa masih saja ada mahasiswa yang mencuci baju di akhir pekan? Bukankah biaya oportunitas mencuci baju di akhir pekan termasuk menonton bioskop dengan kekasih, mengunjungi teman-teman, bahkan mengikuti acara-acara lain yang lebih berharga? Bahkan ada pilihan lain, walau sama-sama dalam spesies mencuci, yaitu mencuci mata.

Sekali lagi, mencuci baju di akhir pekan bukanlah suatu keputusan yang optimal, berdasarkan kalkulasi rasionalitas. Walau ada bantahan dari seorang ahli ekonomi pemenang nobel bahwa ada bounded rationality. Tetap saja alokasi waktu akhir pekan untuk mencuci baju bukanlah pilihan yang tepat.

Laundry Prestasi
Ketika kita sudah tahu bahwa tidak ada waktu yang tidak berharga untuk digunakan mencuci baju, maka sebaiknya dicari alternatif lain. Laundry. Ya, mengapa tidak? Selama ini banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa laundry telah membantu mereka untuk sukses menuju karir yang lebih baik.

Di sisi lain, banyak mahasiswa yang mengeluhkan bahwa menggunakan jasa laundry tidak sebersih ketika mencuci sendiri. Artinya bahwa mahasiswa yang mengaku demikian memiliki kepuasan yang lebih besar untuk mencuci sendiri dibandingkan jika harus mengantar cuciannya ke laundry. Seorang menganggap ada kepuasan tersendiri jika mengeluarkan tenaga untuk mengucek baju kotornya, terlebih celana jeans. Bisa dibayangkan otot bisep dan trisep yang terbentuk jika terbiasa melakukan kegiatan itu, sehingga biaya fitnes dan pembentukan otot sebagai eksternalitas dari mencuci baju.

Waktu yang dipakai untuk mencuci baju bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti mengikuti kegiatan diskusi organisasi di kampus, training motivasi, atau jika ingin meluangkan waktu untuk belajar lebih banyak. Kegiatan-kegiatan lain itu terlihat tidak produktif saat ini, namun coba saja dihitung dengan konsep net future value, net present value, present future net atau apa saja, maka nilainya sungguh berharga. Prestasi bisa semakin meningkat, bahkan kita punya waktu lebih untuk menulis karya ilmiah yang kabarnya ditunda implementasinya. Alokasi waktu belajar bisa lebih banyak, buku the wealth of nation bisa ditamatkan. Dengan menggunakan jasa laundry kita juga telah membantu perekonomian rakyat.

Terakhir, tidak ada paksaan untuk menganggap semuanya ini benar. Semuanya berdasarkan apa yang terjadi. Sekali lagi, tulisan ini tidak ditulis dengan paksaan atau honor dari pengusaha laundry atau menyarankan anda untuk tidak mencuci baju.

*Sandy Juli Maulana, Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...