Minggu, 11 Maret 2012

Last Minute Management Syllabus























Oleh: Rocky Adiguna*)

Karena banyaknya kasus Last Minute Management yang terjadi akhir-akhir ini--baik dari saya sendiri maupun dari teman-teman--maka saya rasa adalah penting untuk membuat sebuah silabus yang terstruktur dalam mempelajarinya. Selamat menikmati. :)

Silabus Mata Kuliah Last Minute Management (LMM)

Fasilitator: Rocky Adiguna
Prasyarat Utama: (1) Just in Time Management; (2) Just in Case Management; (3) Risk Management 2; (4) Strategic Management
Prasyarat Pendukung: Manajemen Qolbu (strongly recommended)

Deskripsi Mata Kuliah

Satu hal yang perlu saya klarifikasi di awal adalah, Last Minute Management (LMM) bukanlah sebuah konsep dimana pelakunya ber-leha-leha menunda pekerjaan sambil minum kopi dan main golf, dan baru mengerjakannya pada menit-menit terakhir. Namun LMM merupakan sebuah konsep bagaimana mengatur dan me-leverage menit-menit terakhir kita menjadi efektif dan efisien.

LMM adalah salah satu metode manajemen khas Indonesia. Ketika para pakar manajemen di belahan dunia lain berbicara tentang tren konsep JIT yang semakin dibutuhkan ditengah-tengah lingkungan bisnis yang kompetitif dan turbulens, Indonesia pun sebenarnya telah memiliki konsep tersebut dengan gayanya sendiri. Bahkan bisa dikatakan sangat cocok dengan kultur bangsa kita ini dibanding JIT yang notabene berasal dari Barat dan Jepang.

Hal yang membuat konsep LMM berbeda dengan konsep-konsep manajemen lainnya adalah konsep ini dapat diterapkan pada lingkup yang terkecil dari sebuah organisasi, yaitu pada diri mahasiswa sendiri. Mata kuliah ini tidak memerlukan textbook khusus sebagai pegangan. Cukuplah pengalaman masing-masing individu menjadi guru terbaik mereka. LMM menjadi penting karena dengan menguasai konsep ini (ditambah juga dengan ketaqwaannya kepada Allah), mahasiswa mampu meningkatkan efisiensi waktunya secara dramatis namun dengan tetap mempertahankan kualitas output-nya.

Tujuan Perkuliahan

Mata kuliah ini didesain agar mahasiswa mampu mengetahui apa itu Last Minute Management, proses manajemennya, dan mampu menerapkannya secara efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran pada kuliah ini, mahasiswa akan banyak diberi studi kasus dan latihan praktek atas materi-materi yang dipelajari. Sehingga terbentuk pemahaman yang menyeluruh dan komperhensif atas konsep LMM itu sendiri.

Jadwal Kuliah

Dari 10 pertemuan yang terjadwal, berikut ini merupakan rencana perkuliahan kita:

Pertemuan 1
Introduction to Last Minute Management.
Membahas seputar definisi, asal konsep LMM, overview tentang aplikasinya di dunia nyata, dan tren LMM pada masa sekarang ini.

Pertemuan 2
LMM Driving Forces
Pada pertemuan ini dibahas beberapa faktor yang menjadi penggerak LMM: waktu, skill, ikhtiar, dan tawakal ilallah.

Pertemuan 3
Time management on LMM
Kemudian satu-persatu LMM driving forces akan kita bedah. Waktu sebagai pihak yang tak kenal kompromi merupakan alasan utama kenapa LMM dilakukan.

Pertemuan 4
Skill improvement and Quality control (Ikhtiar) on LMM
LMM tak akan berjalan bila pelakunya "do nothing". Untuk itu pada pertemuan ini akan dibahas bagaimana peningkatan kemampuan dan usaha yang ekstra keras dapat menjadikan LMM semakin efektif dan efisien.

Pertemuan 5
Tawakal on LMM
Setelah segala usaha (yang halal) dilakukan, tidak ada yang dapat manusia perbuat kecuali bertawakal kepada Allah yang Maha Menentukan. Disini akan dibahas bagaimana kedekatan kita kepada Allah akan mempermudah langkah-langkah kita dalam berusaha. Insya Allah.

----------------------------
Ujian Tengah Semester
----------------------------

Pertemuan 6
JIT vs. LMM
Akan dibahas mengenai perbandingan Just In Time (JIT) dengan LMM, pro dan kontranya, persamaannya dan perbedaannya, alasan yang mendasarinya.

Pertemuan 7
Randomly selected presentation (Case Study: What's Your Most Outrageous LMM Have You Ever Done?)

Pertemuan 8
LMM: the trade-offs
Setiap hal pasti memiliki trade-off. Apapun itu. Demikian pula pada LMM, akan dibahas trade-off (dalam kualitas kerja, tenaga, dan pikiran) yang harus dibayar dalam pengaplikasiannya.

Pertemuan 9
Randomly selected presentation (Case Study: When LMM Failed)

Pertemuan 10
Guest Lecture
Belajar dari ahlinya akan lebih memberikan kita insight atas sebuah konsep dan aplikasinya. Untuk mengakhiri perkuliahan, mahasiswa akan diberi kuliah khusus oleh seorang entrepreneur LMM yang inspiratif.

--------------------------
Ujian Akhir Semester
--------------------------

NB:
Bentuk ujian tengah semester dan ujian akhir merupakan ujian kasus, dimana mahasiswa dibentuk dalam kelompok dan dihadapkan pada sebuah permasalahan tertentu. Proses dan hasil mahasiswa dalam melewati permasalahan tersebut lah yang akan menjadi penilaian.

Komposisi Penilaian*

Tingkat kehadiran: 10%
Keaktifan kelas: 20%
Shalat Subuh: 20%
UTS: 25%
UAS: 25%

*negotiable

Penutup

Memang ini hanyalah sebuah mata kuliah imajiner yang penulis reka-reka sendiri. Walaupun begitu, silabus ini disusun bukanlah untuk senda gurau belaka. Saya ingin menyampaikan bahwa terkadang kita mempelajari sesuatu yang jauh-jauh, padahal jawabannya ada sangat dekat dengan diri kita. Saya juga ingin menyampaikan bahwa dalam mengelola hidup, setiap manusia memiliki caranya sendiri.

*)Ekonom gila dari Yogya yang lagi kesasar di Jönköping International Business School, Swedia

Pencerahan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...