Jumat, 29 Juni 2012

Credit Rating


Oleh: Dyah Restyani


Apa sih credit rating itu? Credit rating adalah peringkat yang mencerminkan opini dari Lembaga Pemeringkat tentang kemampuan suatu negara dan atau perusahaan dalam memenuhi financial commitment-nya. Hal ini diperlukan oleh calon investor yang berminat untuk memberikan pinjaman atau menanamkan modal dalam suatu negara. Salah satu Lembaga Pemeringkat misalnya yaitu Fitch Rating.

Seperti yang kita ketahui bersama, sejak akhir 2011, Fitch Rating menaikkan credit rating Indonesia yang tadinya BB+ menjadi BBB-. Artinya apa?

BBB- menunjukkan bahwa Indonesia telah masuk dalam kategori investment grade, yaitu berada pada peringkat yang menunjukkan kondisi perekonomian Indonesia kondusif untuk berinvestasi. Lalu bagaimana dengan credit rating yang lain?

Tabel credit rating selengkapnya dapat disimak pada tabel berikut:



Sebagai perbandingan, di bawah ini data credit rating beberapa negara di ASEAN.


Dari tabel di atas, kita ketahui bersama bahwa Singapura adalah negara di ASEAN yang memiliki credit rating tertinggi diantara negara-negara ASEAN yang lain. Maka tak heran jika Singapura ibarat magnet bagi para investor. Para investor yang menanamkan modalnya di Singapura, selain mendapatkan keuntungan karena iklim investasi yang menguntungkan, juga memberikan kontribusi positif bagi Negara Singapura. Investasi yang masuk di negara tersebut tentu akan mendorong perekonomian Singapura sehingga melaju pesat setiap tahunnya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Bagaimana agar negara kita juga mampu mencapai credit rating AAA itu? Tentu hal tersebut merupakan PR jangka panjang yang sedang kita usahakan sedari dulu. :)


---

Semoga tulisan sangat sederhana ini bermanfaat untuk yang penasaran dengan credit rating.. :) btw jika ada yang salah, silakan dikoreksi :D

Dya Ry

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang lebih gila...